Fungsi Sekring Mobil

Fungsi Sekring Mobil



Sekring atau Fuse berperan untuk memutus arus listrik yang melalui sekring itu bila berlangsung konslet dengan cara mendadak atau arus listrik yang mengalir melebihi besar arus yang di izinkan oleh sekring " yang tercatat di body sekring ".

Lantaran manfaat sekring yang bakal memutus arus listrik bila berlangsung keunggulan arus listrik yang melewatinya, dapat disebutkan bila sekring juga sebagai alat pengaman kebakaran atau untuk menghindar kebakaran seperti entri disebabkan tak memakai sekring pada mobil.

Misal yang paling simpel yaitu lampu rem atau lampu stop dengan lampu standard ada dua buah lampu yang semasing lampu memakai daya 21 watt pada 12 volt. Jadi berapakah arus listrik yang mengalir melalui sekring.


P = V x I (P = daya dalam watt ; V = tegangan dalam volt ; I = arus dalam ampere)
I = P/V I = 21watt/12 volt ~ I = 1, 75 ampere

Sesudah di ketahui berapakah arus yang mengalir pada suatu bohlam stop 21w/12v yaitu 1, 75 ampere, jadi bila ada 2 buah bohlam rem (stop), jadi arus yang mengalir melalui sekring stop yaitu 2 x 1, 75 ampere sama juga dengan 3, 5 ampere. Jadi cukup diberi sekring ukuran 10 ampere.

Pertanyaan setelah itu, kapan waktu nya manfaat sekring bakal bekerja?
Saat dengan satu karena jalur kabel stop yang menuju ke belakang berlangsung konslet dengan body (misal saja tidak sering berlangsung) pada akhirnya arus listrik waktu di injak pedal rem naik dengan tiba tiba melebihi 10 ampere serta pengaman juga bekerja (sekring memutus arus), supaya kabel tak terbakar

Tersebut kode warna sekring :
Coklat : 7, 5 ampere
Merah : 10 ampere
Biru : 15 ampere
Kuning : 20 ampere
Putih : 25 ampere
Hijau : 30 ampere

Panduan untuk sekring mobil :
1. Janganlah menyambung sekring mobil dengan kabel umum untuk menghindar sambungan longgar mengakibatkan panas serta rumah sekring meleleh
2. Ubah sekring mobil dengan ukuran sama baik ukuran ampere nya atau ketebalan untuk sekring model gepeng supaya tak longgar.

Banyak didapati bila sekring longgar, mengakibatkan panas, rumah sekring meleleh yang selanjutnya membawa permasalahan pada mobil salah satunya temperatur tinggi, mesin mati mendadak, lampu-lampu tak berperan serta ada banyak yang lain.

0 Response to "Fungsi Sekring Mobil"

Posting Komentar

wdcfawqafwef